Sandiaga menuntut agar kebakaran hutan Way Kambas diusut tuntas dan pelakunya ditindak tegas! : Perjalanan Okezone

MENTERI Pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta agar kasus kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur diusut tuntas dan pelakunya ditindak dan dihukum berat.

“Ini memang perlu didalami modus operandinya, apakah memang disengaja. “Kalau ada kesengajaan tentu harus diterapkan hukum pidana,” kata Sandiaga dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno (WBSU) di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Senin (10/9). 2023).

Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan unsur kecerobohan atau kelalaian, Sandiaga meminta tindakan tegas terhadap pelaku.

BACA JUGA:

“Ada konsekuensi yang perlu dilakukan, termasuk konsekuensi hukum,” lanjutnya.

Menurut Sandiaga, pemerintah harus lebih tegas dan tegas dalam menerapkan aturan berkunjung di kawasan taman nasional agar kebakaran hutan seperti di TNWK tidak terulang kembali.

Ilustratif

Taman Nasional Way Kambas

Mengingat Indonesia saat ini masih mengalami musim kemarau akibat fenomena El Nino, maka risiko kebakaran pun semakin meningkat.

Yang ketiga adalah aspek sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, apa yang harus dihindari, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan untuk memastikan, apalagi dengan siklus El-Nino yang berkepanjangan ini, kekeringan ini akan menimbulkan situasi yang sangat mudah terbakar, “dia ditambahkan. dia menjelaskan.

“Jadi puntung rokok pun bisa terbakar, apalagi kalau dia membuat api unggun dan sejenisnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Sandiaga juga mengatakan, kasus tersebut menjadi tantangan bagi semua pihak dalam pengembangan pariwisata hijau di Indonesia, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Oh, kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mendorong dan bekerja keras untuk menjamin pariwisata ramah lingkungan yang menjadi andalan kita, tapi kalau hal seperti ini terjadi, jelas akan menjadi tantangan yang luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga  meningkatkan pendapatan investasi di Makassar terbukti

Ilustratif

Kendati demikian, Sandiaga memastikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan beberapa langkah mitigasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Namun saya optimistis, dengan bergandengan tangan kita bisa memitigasi hal ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari, jelasnya.

Kedua, kalau taman nasional bisa kita koordinasikan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lanjutnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *