Gunung berapi Ili Lewotolok kembali meletus pagi ini, yang ke-73 kalinya sejak tahun 2023: National Oceanic

JAKARTA Gunung Ile LewotolokNusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi pagi ini, Sabtu (21 Oktober 2023).




Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi mencatat, sejak awal tahun 2023, Gunung Ile Lewotolok telah mengalami erupsi sebanyak 73 kali.

Letusan pagi tadi tercatat terjadi pada pukul 05:21 WITA. Ketinggian letusan mencapai 400 meter di atas puncak.

Letusan Gunung Ili Lewotolok terjadi pada Sabtu 21 Oktober 2023 pukul 05.21 WITA, dengan tinggi kolom abu teramati ± 400 m di atas puncak (± 1.823 m dpl), kata Pos Pengamatan Gunung Api. Petugas Stanislaus Ara Kian dalam keterangannya.

Stanislaus melaporkan kolom abu teramati berwarna abu-abu dengan intensitas padat ke arah barat laut. Letusan ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 21,7 mm dan durasi 44 detik.

Sedangkan status Gunung Ile Lewotolok saat ini masih pada Tingkat Aktivitas II (Waspada).

Pada tingkat ini, masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok, serta pengunjung, pendaki, dan wisatawan tidak diperbolehkan masuk atau melakukan aktivitas dalam radius 2 km dari pusat aktivitas di Gunung Ile Lewotolok.

“Warga Desa Lamawolo, Lamatokan, dan Jontona harus selalu mewaspadai potensi bahaya aliran lahar atau guguran dan awan panas yang berasal dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok,” kata Stanislaus.

Ikuti berita Okezone berita Google


Stanislaus mengimbau agar terhindar dari gangguan pernafasan (ISPA) dan gangguan kesehatan lainnya akibat abu vulkanik, masyarakat sekitar Gunung Ili Lewotolok dapat menggunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

“Masyarakat yang tinggal di sekitar lembah atau sungai yang berhulu di Puncak Ili Lewotolok harus selalu mewaspadai potensi ancaman lahar yang mungkin terjadi, terutama saat musim hujan,” ujarnya.

Baca Juga  cara menilai bisnis di Makassar sukses

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *