Bisakah bank membantu melunasi utang? Ini penjelasannya: Okezone Ekonomi

JAKARTA – Banyak orang bertanya apakah pantai dapat membantu melunasinya utang?

Hutang merupakan masalah keuangan yang dapat membuat takut banyak orang. Seseorang yang terlilit hutang mungkin akan kesulitan membayarnya kembali. Adakah lembaga pendukung yang bisa membantu seseorang keluar dari perbudakan utang, seperti bank?

Lantas apakah bank bisa membantu melunasi utang seseorang? Inilah penjelasannya.

Bank yang dapat membantu melunasi utang

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ya. Saat ini sudah banyak bank di Indonesia yang dapat membantu nasabah melunasi utangnya dengan beberapa cara, tergantung situasi dan kebijakan masing-masing bank.

Dirangkum Okezon, Senin (23/10/2023), ada beberapa bank Indonesia yang bisa membantu melunasi utang tersebut, yaitu:

– Bank Indonesia

Sebagai bank sentral di Indonesia, Bank Indonesia dapat membantu nasabah melunasi utangnya secara gratis melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 8/5/PBI/2006 tentang Mediasi Bank.

Nasabah dapat memperoleh bantuan dari Bank Indonesia secara gratis hingga 60 hari kerja setelah penandatanganan perjanjian mediasi antara bank dan nasabah.

Namun ada syarat lain yakni nilai utang atau kredit nasabah tidak lebih dari Rp 500 juta. Selain itu, nasabah yang diterima adalah mereka yang belum pernah melalui mediasi baik melalui BI maupun lembaga lainnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


— Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI juga memberikan layanan kredit kepada nasabah untuk membantu melunasi utangnya. Permintaan ini dapat dilakukan tanpa harus datang ke cabang.

Apalagi pinjaman ini akan segera dicairkan jika nasabah memenuhi syarat yang diberikan BRI. Berikut beberapa layanan kredit di BRI yang dapat digunakan nasabah untuk melunasi utangnya:

Pinjaman online BRI Ceria

BRIguna Karya

Baca Juga  SYL, Tersangka KPK, Polda Metro: Penyidikan Kasus Dugaan Pungli Masih Berlangsung: Okezone Megapolitan

Pinjaman modal kerja dan lain-lain

Layanan pinjaman ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nasabah, seperti modal usaha untuk melunasi hutang di tempat lain dengan menawarkan suku bunga yang tinggi.

— Bank Negara Indonesia (BNI)

Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BNI juga merupakan bank yang dapat membantu nasabah memberikan layanan pinjaman untuk melunasi utangnya dengan menggunakan beberapa jenis pinjaman sebagai berikut:

BNI KUR : merupakan instrumen kredit yang ditawarkan oleh BNI untuk membantu nasabah sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk pinjaman modal kerja. Plafon pinjaman yang ditetapkan adalah Rp 10-50 juta dengan jangka waktu maksimal 5 tahun.

BNI Flexi Aktif: khusus fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) bagi pegawai aktif dengan pendapatan tetap. Langkah tersebut berupa plafon kredit antara Rp5 juta hingga Rp500 juta dengan jangka waktu hingga 15 tahun.

Itulah beberapa bank di Indonesia yang bisa membantu melunasi utang nasabahnya. Meskipun bank dapat memberikan sejumlah layanan bantuan, penting bagi peminjam untuk tetap bertanggung jawab dan mengelola keuangan mereka dengan baik untuk segera menghindari perbudakan utang.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *