Demonstrasi mahasiswa memanas, massa bakar ban dan coba rusak kawat berduri: Okezone Megapolitan

JAKARTADemonstrasi mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di kawasan patung kuda Jakarta Pusat mulai melakukan pemanasan. Massa mulai berusaha menerobos beton dan kawat berduri di lokasi tersebut pada Jumat (20/12/2023).




Saat memantau portal MNC di lokasi, terlihat mahasiswa tersebut terlibat insiden dengan polisi. Mereka hendak memaksa masuk ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bongkar, teman, bongkar!” teriak salah satu pengeras suara di belakang pengeras suara.

Seruan tersebut membuat sebagian dari mereka membakar bannya tepat di atas barikade beton.

Tak butuh waktu lama, mereka bahkan merobohkan sejumlah beton dan kawat berduri sambil sesekali melemparkan botol ke arah polisi. Kapolsek Metro Gambir Mugia Yarry Junanda tampaknya turun tangan dalam kejadian tersebut.

Dia mencoba mengambil poster provokatif itu tetapi akhirnya mengembalikannya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Para mahasiswa berdemonstrasi, salah satunya menuntut kebijakan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan kepala daerah menjadi calon presiden dan wakil presiden meski usianya di bawah 40 tahun.

Sebanyak 1.611 polisi diketahui dikerahkan ke Patung Kuda di Jakarta Pusat. Hal ini terjadi akibat aksi demonstrasi mahasiswa yang digagas BEM SI.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, ribuan personel tersebut merupakan gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat, serta TNI dan DKI Pemprov DKI.

“Sore ini kami akan mengerahkan 1.611 prajurit untuk menengahi aspirasi rekan-rekan mahasiswa,” kata Susatyo saat dikonfirmasi wartawan.

Quoted From Many Source

Baca Juga  cara menilai bisnis di Makassar sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *