Tanpa mata dan kaki, bagaimana cacing bisa bergerak? : Perjalanan Okezone

CACING merupakan hewan yang berbentuk tabung dan mempunyai spesies yang berbeda-beda. Sebagai makhluk primitif, cacing tidak memiliki bagian tubuh seperti mata, telinga, hidung, dan kaki.

Lalu bagaimana cara cacing bergerak jika invertebrata tidak memiliki kaki?

Merangkum dari beberapa sumber, cacing tanah bergerak menggunakan otot melingkar dan memanjang. Otot cacing berkontraksi dan berelaksasi hingga dapat bergerak maju.

Tak hanya itu, cacing juga memanfaatkan bulu-bulu mikroskopis di kulit sebagai alat untuk mencengkeram permukaan saat bergerak maju.

BACA JUGA:

Untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan, cacing menggali lubang di dalam tanah. Artinya, cacing akan membantu mengarahkan air dan udara ke dalam tanah serta bermanfaat bagi akar tanaman.

Kalau soal makan, cacing tanah pandai mengatur posisinya. Mulut mereka kemudian dapat mengambil nutrisi dari bahan organik membusuk yang mereka makan.

Ilustratif

Cacing

Ketiadaan kaki sangat menguntungkan usahanya menggali tanah seperti ini. Bahkan mungkin saja jika dia memiliki kaki, itu hanya akan menghalangi pergerakannya. Jadi keadaan tanpa kaki ini sesuai dengan cara hidup cacing.

Berikut ciri-ciri cacing sebagai hewan invertebrata:

Tulang belakang dan tulang belakang hilang

Sarafnya ada di perut

Ini cenderung lambat dan kecil

Otak tidak dilindungi oleh kerangka

Tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian yaitu kepala, dada, dan perut

Bernafas melalui kulit

Kulit cacing diketahui sangat bermanfaat. Kulit cacing menjadi reseptor, sehingga cacing dapat menempatkan dirinya di tempat yang aman, jauh dari predator atau menghindari tempat yang terlalu banyak terkena sinar matahari.

Ikuti berita Okezone berita Google


(sal)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Imam Tanpa Makmum Segera Tayang, Syakir Daulay Pilih Bintang Baru Karena Orisinalitas: Okezone Celebrity

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *